Koordinator Destinasi Digital Genpi Nasional, Ghera Nugraha menjelaskan bahwa destinasi digital merupakan sebuah tempat yang banyak spot foto, juga layak di-posting melalui media sosial.
"Sebuah destinasi wisata yang dipromosikan oleh komunitas Genpi, diorkestrasi secara nasional, dan mengajak semua jejaring netizen untuk berkunjung ke sebuah tempat yang Instagramable," jelas Ghera dalam keterangan tertullis, Minggu (12/8/2018).
Berlokasi di Cijaringao Hejo Udjo, Desa Cimeunyan, Kab. Bandung, Pasar Cijaringo dipenuhi dengan berbagai ragam spesies bambu, serta berada di tengah perkampungan yang adem. Pohon-pohon bambu tersebut sudah ditata rapi, dari sejak parkir, gapura masuk, jalan setapak, amphitheathre rumput, kafe, kandang kambing, sampai lapangan panahan.
Selain itu ada juga arena adu kambing. Karena itu atraksinya cukup banyak, dan hampir pasti ramai dikunjungi masyarakat Bandung sendiri. "Kulinernya juga khas Bandung dan Jawa Barat. Makanan tradisional yang jarang ditemukan di kota," ungkap Ketua Harian Genpi Jabar, Ricky Arnold.
Genpi Nasional juga akan menghadirkan influencer untuk menaikkan hits Pasar Cijaringao, sebagai sebuah destinasi zaman now. "Kita gas bersama-sama!" kata Staf Khusus Menpar Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardon.
Kreator Saung Angklung Udjo, Galih Sedayu menambahkan, Pasar Cijaringao adalah sebuah ruang publik yang menghadirkan segala aktivitas jual beli dan etalase kreativitas warga Cijaringao dan jejaringnya. Sekaligus sebagai simpul seni budaya tradisional yang senantiasa mewartakan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Jawa Barat.
Menurut Galih, Pasar Cijaringao ini adalah pasar perdana yang merupakan bagian dari agenda program besar yakni Cijaringao Placemaking. "Kami mengundang para sahabat untuk dapat berkenan hadir pada acara Minggu (12/8/2018)," katanya.
Adapun agenda yang akan digelar adalah Ketangkasan Domba, Bazar Kuliner & Kerajinan, Permainan Tradisional dan Pertunjukan Seni Budaya, Edukasi & Workshop, Musik Alam. Waktunya, Minggu 12 Agustus 2018 dari pukul 09:00 WIB sampai 18:00 WIB.
Kegiatan ini adalah kolaborasi antara Saung Angklung Udjo, Ruang Kolaborasa, dan GenPi Jabar. Tentu akan didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Indonesia Creative Cities Network (ICCN), Air Foto Network (AFN), Bandung News Photo, Kopi Inisoenda, Perpustakaan Fotografi Keliling, Studio Rosid, dan Kampung Agroutourism Cibuluh.
Hadirnya Pasar Cijaringao ini akan menambah koleksi pasar-pasar Genpi di tanah air. Yang bakal hadir Minggu nanti adalah Pasar Bintan Bertuah (soft launching), Pasar Cijaringao Bandung, Pasar Maya Asih Kuningan, Pasar Sago Payakumbuh, Pasar Lambung Aceh, dan Pasar Karetan (uji coba Nomadic Market di Sam Po Kong Semarang).
Selain itu ada pula Pasar Kakilangit Jogja, Pasar Baba Boen Tjit Palembang, Pasar Kaulinan Menes Banten, Pasar Kampung Markissa Kota Tangerang, Pasar 1000 Batoe Lampung, Pasar Mangrove Batam, Pasar Tahura Lampung, dan lainnya. (mul/ega)
https://travel.detik.com/read/2018/08/12/140740/4162765/1382/yuk-main-ke-pasar-cijaringao-destinasi-digital-baru-di-bandungBagikan Berita Ini
0 Response to "Yuk Main ke Pasar Cijaringao, Destinasi Digital Baru di Bandung"
Post a Comment