Search

Layanan Digital untuk Wisman dan Peserta Asian Games 2018

Jakarta - Dalam perhelatan Asian Games 2018, peran penting akan dimainkan Bandara International Soekarno Hatta, Jakarta dan Sultan Badaruddin, Palembang. Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II itu akan menyambut peserta dan wisatawan mancanegara (wisman) yang memeriahkan pesta olahraga terbesar di Asia ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa bandara adalah first impression untuk wisman.

"Bandara adalah tempat pertama wisatawan menginjakkan kaki. Di sinilah impresi pertama didapat. Jika bandara ramah, asyik, keren, juga menyenangkan, maka wajah Indonesia juga akan berseri. Apalagi jika digital friendly," kata Arief dalam keterangannya, Minggu (19/8/2018).


Lanjut Arief, semakin digital semakin personal. Bandara itu titik sentuh pertama wisman. Biasanya disebut moments of truth.

"Untuk itu di bandara perlu moment of truth, sehingga bisa menghadirkan kesan pertama bagi wisman. Smart, adalah kesan pertama yang diinginkan Kemenpar. Maka dari itu pelayanan dan pusat Informasi harus menggunakan teknologi digital," ujarnya.

Begitupun sebaliknya. Jika cemberut dan tidak bersahabat, maka seperti itulah persepsi terhadap Wonderful Indonesia. Namun, Arief yakin semangat Indonesia Incorporated bisa membuat wajah Indonesia semakin ramah.

"Dengan spirit Indonesia Incorporated, Kementerian BUMN, juga PT AP II, kita siap menyambut para tamu Asian Games. Apalagi sport tourism itu dengan sangat menawan," paparnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Awaluddin pun sudah menyatakan kesiapannya dalam menyambut 170 ribu wisman yang akan datang saat Asian Games 2018 berlangsung.

"Angkasa Pura II, khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta, merupakan gerbang utama para kontingen untuk memasuki wilayah Indonesia, maka dari itu menjadi tugas kami untuk memberikan pelayanan prima bagi kontingen dari negara-negara peserta Asian Games 2018 yang mendarat di bandara ini," ujar Awaluddin.

Berbagai persiapan yang sudah disiapkan AP II antara lain posko siaga Asian Games 2018 dan sports corner. AP II juga meluncurkan layanan asisten virtual Travel Asisstance System Angkasa pura II atau TASYA untuk wisman.

Layanan asisten virtual TASYA merupakan layanan berbasis teknologi kecerdasan buatan dan bisa diakses melalui tiga platform media sosial yakni Line @angkasapura2, Facebook Messenger @airport138, Telegram @angkasapura2Bot, dan juga melalui Website Angkasa Pura II. Juga bisa melalui mengunduh aplikasi Indonesia Airport Apps serta dapat juga ditemui di E-Kiosk yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Menariknya lagi, ada Airport Digital Lounge di Terminal 2 dan Terminal 3 CGK. Airport Digital Lounge merupakan pusat layanan terintegrasi dari AP II yang memadukan kemudahan layanan informasi bandara dengan teknologi digital terkini (state of the art technology).

"Dilengkapi dengan layanan self check-in, flight Information, virtual assistant via chatbot, coworking space, e-wayfinding, official merchandise store, serta layanan reservasi akomodasi, pengguna jasa dapat mendapatkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Petugas kami siap membantu Anda dengan pelayanan yang ramah, cepat, dan efektif," ujar Awaluddin.


Dalam memenuhi kebutuhan wisman saat Asian Games berlangsung AP II bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, dan stakeholder lain mempersiapkan rute-rute destinasi wisata Indonesia.

Tak lupa, AP II juga menyiapkan Tourist Information Center di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Tujuannya untuk memberikan informasi pariwisata kepada para customer.

Di samping itu, disiapkan juga booth-booth leaflet pariwisata serta fasilitas layanan digital di terminal seperti Digitalway-Finding Kiosk, Statistic map, Wayfinding, dan penambahan Interface Asian Games ke-18 pada Indonesia Airports Mobile Apps.

Selain berbagai fasilitas digital yang sudah disebutkan tadi, AP II juga meresmikan fasilitas lainnya yakni Digital Airport Hotel, Airport Operation Control Center (AOCC), dan Wi-Shock, fasilitas layanan wifi berkecepatan tinggi di bandara. Fasilitas-fasilitas ini diresmikan secara langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dalam seminar Airport Of The Future. (ega/fay)

Let's block ads! (Why?)

https://travel.detik.com/read/2018/08/19/120323/4172967/1382/layanan-digital-untuk-wisman-dan-peserta-asian-games-2018

Bagikan Berita Ini

Related Posts :

0 Response to "Layanan Digital untuk Wisman dan Peserta Asian Games 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.